Bupati Hadiri Perayaan Tahun Imlek 2571, Tahun 2020 di Multi Marga Indonesia - GoRohil

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Saturday, January 25, 2020

Bupati Hadiri Perayaan Tahun Imlek 2571, Tahun 2020 di Multi Marga Indonesia




Gorohil.com, Bagansiapiapi-Yayasan Multi Marga Indonesia, Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), menggelar acara perayaan Tahun Baru Imlek 2571, tahun 2020 yang dilaksanakan di depan kelenteng In Hok Kiong jalan Aman Bagansiapiapi, Jumat (24/1/2020) malam.

Dalam kegiatan tersebut  dihadiri langsung oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp, juga dihadiri, Dandim 0321 Rohil, Kajari Bagansiapiapi, Kepala imigrasi Bagansiapiapi, serta para Kepala Dinas/Badan kabupaten Rohil, Polsek Bangko, Ketua Multi Marga serta ratusan warga Tianghoa.

Dalam sambutan Bupati H Suyatno AMp, mengucapkan selamat tahun baru Imlek ke 2571, tahun 2020 kepada seluruh warga Tianghoa. Semoga kita saling bermaaf-maafan, kita saling menghargai suku dengan suku yang lainnya. Antara agama satu dengan agama yang lainnya. Inilah yang diharapkan oleh pemerintah daerah kerukunan antar umat beragama menjadi prioritas pertama di dalam pergaulan kita sehari hari,"ujar Suyatno.

Suyatno juga menjelaskan, kota Bagansiapiapi saat ini sudah lebih meriah, apalagi saat ini lampion ada lampu yang warna warni.

Orang nomor satu di Rokan Hilir ini menjelaskan apapun kegiatannya yang dilaksanakan dibutuhkan keadaan aman, penuh dengan kedamaian dan keadaan kondusif.

Dijelaskan bupati kabupaten Rokan Hilir ini, bahwa perayaan malam cap go meh  yang lebih meriah. Karena saat itu warga Tionghoa yang merayakannya keluar rumah hingga sampai pagi.

"Malam itu warga Tionghoa tidak tidur, mereka melek terus matanya hingga pagi,"ujarnya.

Saat malam cap go meh itulah panitia mengundang pemerintah daerah. Pada malam tersebut menunjukkan kekompakan masyarakat Rokan Hilir, khususnya kota Bagansiapiapi.

"Malam tersebut ada hiburan dan pawai lampion dari semua kelenteng yang ada di kota Bagansiapiapi ini, seluruh marga tionghoa yang ada di kota Bagansiapiapi ini ikut sama sama memeriahkan malam tersebut,"kata Suyatno.

Dijelaskannya,  di situlah pertemuan antara bujangan dan gadis bertemu. Pada malam cap go meh  biasanya orang tua memperbolehkan anak anaknya begadang keluar rumah.

"Malam cap go meh tersebut istilahnya malam cari jodoh. Mudah-mudahan warga senantiasa selalu menjaga kota dalam keadaan kondusif,"tandasnya

Penulis/Editor : Chandra

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini