Refleksi tentang Bakar Tongkang Bagansiapiapi - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Monday, June 17, 2019

Refleksi tentang Bakar Tongkang Bagansiapiapi

Hasnul Yamin, SE
Gorohil.com, Bagansiapiapi-Kultur melayu yg identik dengab islami patut menjadi suatu yg sama kita banggakan di Kota Bagansiapiapi yang heterogen. Namun juga sebagai bagian NKRI yang sejalan dengan surat Al Kafirun maka perlu kebijaksanaan yang ekstra bagi pemimpin kabupaten beserta perangkatnya.

Tidak serta merta mengabaikan kearifan lokal dalam melaksanakan kegiatan ini dan juga hemat saya apalagi dalam kegiatan hari besar umat islam pemerintah kabupaten sangat konsisten akan dukungan giat tersebut.

Khusus kegiatan Bakar Tongkang Pemerintah Kabupaten hanya sebagai fasilitator karena ini termasuk agenda pariwisata Nasional. Pemerintah Kabupaten hanya mencoba meningkatkan gairah ekonomi rakyat pada event ini agar semua merasakan kehadiran pemerintah daerah.

Alhamdulillah setiap event ini diadakan saudara kita etnis tionghoa selalu melakukan beberapa kegiatan Bakti sosial yang notabene penerima nya masyarakat pribumi. Kita ambil hikmahnya dari kegiatan tersebut karena tidak semua kita bisa selalu hadir ditengah masyarakat.

Ada beberapa kegiatan infrastruktur, bangunan seperti puskesmas bernilai milyaran rupiah mereka bantu tanpa kita minta untuk masyarakat banyak. Juga rencana pembangunan Mesjid megah ChenghO di Bagansiapiapi oleh pengusaha dari etnis tionghoa. Ini bentuk kekompakan dari saudara kita etnis tionghoa yanh harus kita acungi jempol.

Hari ini selain pengobatan gratis juga dilakukan penyerahan 5000 ribu paket sembako dari saudara etnis tionghoa dan mereka meminta agar tahun depan dimintakan data keluarga miskin yg blm punya rumah utk dibuatkan rumah layak huni bekerjasama dgn pemerintah kabupaten.

Kembali ke acara budaya ritual bakar tongkang bahwa Pemerintah Kabupaten tidak masuk pada inti acara tersebut mengingat perbedaan keyakinan. Namun semangat gotong royong dari giat tersebut dan toleransi beragama yg luar biasa seperti yg pernah disampaikan oleh Ustad kebanggaan kita Ustad Abdul Shomad "Kalo ingin belajar toleransi datanglah ke Bagansiapiapi. Penulis Hasnul Yamin, SE

Editor : Chandra

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini