Temui Pelanggaran Pemilu di Lima TPS, Bawaslu Minta KPU Melakukan PSU dan PSL - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Saturday, April 20, 2019

Temui Pelanggaran Pemilu di Lima TPS, Bawaslu Minta KPU Melakukan PSU dan PSL


Gorohil.com, Bagan-Siapiapi- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rokan Hilir (Rohil) merekomendasikan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk kembali melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL). Pasalnya petugas Bawaslu menemukan pelanggaran Pemilu di sejumlah TPS di Rokan Hilir pada Rabu (17/4/19), kemaren.

Koordinator divisi sengketa Bawaslu Rohil Jaka Abdullah ketika ditemui awak media dikantor Bawaslu Rohil di jalan Perwira Jumat malam (19/4/2019) menjelaskan, ada beberapa TPS yang ditemukan Bawaslu Rohil pelanggaran Pemilu, dan akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

Adapun TPS yang akan melaksanakan PSU ada tiga TPS, yaitu di TPS 02 Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi, dan TPS 06 Sungai Bakau Kecamatan Sinaboi serta TPS 07 Kepenghuluan Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang,"katanya.

Pelanggaran yang dilakukan untuk rekomendasi PSU di TPS 02 dan TPS 06 Sungai Bakau adalah, adanya masyarakat luar Provinsi Riau yang melakukan pencoblosan dengan menggunakan e-KTP yang tidak disertai dengan form A5 (pindah memilih). Masing-masing, di TPS 02 ada sebanyak empat orang dan di TPS 06 ada sebanyak sembilan orang. Mereka semua menggunakan e-KTP Sumatera Utara,"paparnya.

"Mereka semua memilih dengan e-KTP, sebenarnya boleh hanya untuk Pilpres, tapi harus menggunakan form A5 sebagai bukti pindah memilih," sebut Jaka.
Sementara itu, sambungnya, satu TPS di Kepenghuluan Lenggadai Hulu, yaitu di TPS 07 terjadi pelanggaran fatal yang dilakukan seorang warga yang menyalurkan hak suaranya dengan membawa C6 (undangan) milik warga lain.

"Setelah kita kaji bahwa ke tiga TPS tersebut harus dilakukan PSU dalam waktu dekat ini. Sudah dilakukan rekomendasi PPK melalui Panwas Kecamatan," ujar Jaka.

Kemudian itu, berbeda lagi untuk Pemilihan Suara Lanjutan (PSL) ini. Pasalnya karena kekurangan surat suara, banyak warga masyarakat yang tidak kebagian surat suara hingga tidak dapat menyalurkan hak suaranya.

Rekomendasi PSL ini akan dilakukan di Kelurahan Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, yaitu di TPS 17 dengan kekurangan surat suara sebanyak 42 orang dan  Kelurahan Bagan Batu Kota di TPS 04 sebanyak sembilan orang.

"Untuk PSL ini terjadi karena adanya ledakan pemilih sehingga surat suara kurang. Maka kita minta KPU melakukan pemungutan suara lanjutan. Artinya, kembali dilakukan pemungutan suara namun hanya orang-orang yang belum memilih saja, sesuai dengan rekap data form C7 (daftar hadir) absensi warga tersebut," ungkapnya.

Masalah kapan dilaksanakan itu kita kembalikan kepada KPU.Memang ini harus secepatnya, karena kita khawatirkan jika lama nanti dapat mengganggu proses rekapitulasi suara di tingkat PPK. Sementara di beberapa kecamatan ada yang sudah mulai hari ini, dan bahkan rata-rata besok sudah mulai rekapitulasi tingkat kecamatan," tutup Jaka.(Chan)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini