Nelayan Bagan-Siapiapi Datangi Kantor Perikanan Minta Perlindungan Dari Pemerintah Daerah - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Friday, August 24, 2018

Nelayan Bagan-Siapiapi Datangi Kantor Perikanan Minta Perlindungan Dari Pemerintah Daerah

Masyarakat dan HNSI Rohil datangi kantor perikanan

GoRohil.com- BAGAN-SIAPIAPI- Masyarakat nelayan Bagan-Siapiapi dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Rohil mendatangi kantor perikanan meminta adanya perlindungan dari pihak pemerintah daerah saat para nelayan melaut. 

Hal tersebut dikatakan Wakil Sekretaris HNSI Rohil,  Hermanto Jumat (24/8/2018). Sehari sebelum hari kemerdekaan Indonesia berlangsung, nelayan di Bagan-Siapiapi yang tengah melaut menangkap kerang dengan karuk mendapat perlakukan tidak menyenangkan oleh nelayan asal Sumatera Utara yaitu Tanjung Balai yang menangkap kerang dengan tankerang.

"Maka tu kita melaporkan kejadian ini kepada pihak pemerintah daerah. Intinya nelayan kita meminta perlindungan. Kemana lagi kita mau mengadu kalau tidak dengan pemerintah,” ujar Hermanto. 

Hermanto juga memohon keseriusan pemerintah menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi masyarakat yang mencari nafkah di laut ini. “Kami akan membuat laporan resmi lantas kemana mau kami arahkan ini. Nelayan meminta perlindungan kepada pemerintah kesejahteraan mencari nafkah dilaut. Itu saja,” sebutnya.

Sementara staf SDKP Zulkadri menyebutkan, bahwa tim pengawasan sudah ada dan wilayah kerja SDKP sangat luas yang bekerja di atas 12 mil laut lepas. “Kita hanya satuan pengawasan laut. Diatas 10 GT harus melaporkan ke kantor, maka kita sifatnya pengawasan dan pengawalan tentang undang-undang,” sebutnya.

Kepala Dinas Perikanan Rohil Muhammad Amin SPi menyebutkan, pihaknya telah melaksanakan fungsi sudah sesuai aturan. Dan untuk mediasi itu pihaknya sudah mengundang pihak yang mewakili provinsi dan SDKP. “Kami sangat mendukung persoalan ini, selaku pemerintahan kami sifatnya hanya memediasi saja. Karena masalah kelautan ini kewenangannya ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi. Semoga aspirasi nelayan yang disampaikan ini bisa segera terselesaikan,” ungkapnya. (Rls/Chan

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini