Masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi Rayakan Malam Cap Go Mie dengan Menggelar Festival Pawai Lampion - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Saturday, March 3, 2018

Masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi Rayakan Malam Cap Go Mie dengan Menggelar Festival Pawai Lampion


GoRohil.com–Bagansiapiapi– Masyarakat etnis Tionghoa merayakan malam Cap Go Mie 2569/2018 dengan menggelar Festival lampion yang dipusatkan didepan kelenteng tua Kim Ing Hok jalan kelenteng Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Jumat malam (02/03/2018).

Acara Cap go Mie yang diadakan oleh Yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi ini diwarnai festival Lampion antar kelenteng dan lingkungan.

Dalam acara itu juga dihadiri oleh Plt.Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Jamiludin, Wakapolda Riau Brigjen pol Drs Ermi Widyanto, Dandim 0321 Rohil, Kapolres Rohil, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Setdakab Rohil Drs. H Surya Arfan, anggota DPRD Riau Siswadja Mulyadi (Aseng) , Kapolsek Bangko, ketua TP PKK Rohil, raja baut pemilik I Plaza dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Rokan Hilir serta ribuan warga Tionghoa yang ikut menyaksikan acara tahunan ini.


Ketua panitia Rendi Gunawan menjelaskan, bahwa acara festival pawai lampion diadakan setiap tahunnya. Hal ini telah dilakukan sejak lama oleh warga Tionghoa. Festival lampion ini juga bertujuan untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan Tionghoa di Rokan Hilir.

Pawai Lampion ini diikuti oleh 12 peserta yang bertemakan tahun Anjing yang merupakan tahun 2569 kelender Tionghoa bertepatan pada tahun 2018 Masehi.

Selain itu, pawai lapion ini diikuti dari kelompok Tionghoa, suku batak, jawa dan dram band.

“Saya mengharapkan dukungan dari pemerintah Kabuapten Rokan Hilir terhadap warga Tionghoa dalam melaksanakan Festival lampion pada Cap Go Mie ini,”ujar Rendi Gunawan.

Dalam kesempatan itu, Rendi Gunawan juga berterimakasih terhadap warga kota Bagansiapiapi sehingga acara pawai lampion ini bisa berjalan dengan aman dan damai.**(Chan)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini