Setda Rohil, Secara Resmi Buka Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Wednesday, February 7, 2018

Setda Rohil, Secara Resmi Buka Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)

GoRohil.com –Bagansiapiapi– Kepolisian resor Rokan Hilir Menggelar sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) sapu bersih pungutan liar (saber pungli) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, pada Rabu pagi (07/2/2018).

Kegiatan sosialisasi satgas saber pungli tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir Drs Surya Arfan selaku wakil ketua saber pungli, dan Waka Polres Rohil Kompol DR Wawan SH MH selaku ketua satgas saber pungli wilayah Rokan Hilir.

Turut hadir para Camat, Kepala UPTD Pendidikan, Kepala Puskesmas, Lurah, Penghulu, Kepala KUA, dan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA sederajat dari Kecamatan Bangko, Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Pekaitan, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil).

Dalam pemaparannya Waka Polres Rohil menyebutkan bahwa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) satuan tugas sapu bersih pungli guna memberantas praktik pungli yang dilakukan oleh aparatur pejabat negara saat memberikan pelayanan publik.

“Sosialisasi ini sengaja kita laksanakan, dan saya harapkan agar jangan sampai ada yang tertangkap tangan lagi di wilayah Rokan Hilir terkait pungli, lebih bagus mencegah,” kata Waka Polres.

Waka Polres menambahkan, pihaknya sudah menangani 8 (delapan) kasus terkait pungutan liar di Rokan Hilir. Beberapa kasus diantaranya sudah disidangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Rokan Hilir, sedangkan kasus lainnya yang tidak ditemukan ada unsur pidananya hanya diberikan peringatan keras dengan membuat surat perjanjian.

Menurut mantan Waka Polres Kabupaten Meranti ini, sosialisasi saber pungli ini bukan yang pertama kali dilakukan namun kemarin pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dengan mengundang 3 (tiga) Kecamatan di Mapolres.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi di Kecamatan Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Rimbah Melintang dan Kecamatan Batu Hampar.

“Hari ini kita undang lagi dari 3 (tiga) Kecamatan, yakni Kecamatan Bangko, Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Pekaitan. Nanti Kecamatan-Kecamatan lainnya juga akan kita sosialisasikan juga, ini sudah kewajiban saya selaku ketua satgas saber pungli,” ujar Waka Polres Rohil Kompol DR Wawan SH MH.

Sementara itu Sekda Rohil Drs Surya Arfan menyambut baik sosialisasi yang dilakukan oleh satuan tugas (satgas) sapu bersih pungutan liar yang di ketuai oleh Waka Polres Rohil tersebut dan sudah terlak.

Untuk itu sekda meminta kepada semua aparatur yang bersentuhan dengan pelayanan masyarakat di semua lini agar benar-benar memberikan pelayanan kepada masyarakat karena menurut sekda sangat rawan karena bersentuhan langsung kepada masyarakat.

“Ini upaya pencegahan, sebelum terjadi lebih baik kita cegah. Untuk itu saya berharap dalam gerakan sosialisasi ini dapat memperkecil pungutan-pungutan liar. Atas nama Pemda Rohil kegiatan ini kami berikan apresiasi kepada bapak Waka Polres,” sebut Sekda.**(lrs/Chan)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini