Menyemarak HKN, Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Sunday, November 12, 2017

Menyemarak HKN, Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan




GoRohil.com –Bagansiapiapi– Dalam rangka Memperingati serta menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang jatuh pada tanggal 12 November 2017, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),  menggelar berbagai kegiatan tepatnya  di halaman kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) jalan merdeka Bagansiapiapi (Rohil), minggu (12/11/2017).

Dalam cara tersebut dihadiri oleh Bupati Rohil H. Suyatno, Wakil Bupati DrshH. Jamiludin, Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan, Sekretaris Daerah Drs H. Surya Arfan M.Si, Forkopimda, Anggota DPRD Riau Siswadja Muljadi, Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Hj Wan Mardiana Suyatno, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rohil Hj Lena Surya Arfan dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tema HKN kali ini “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Adapun rangkaian acara sempena memperingati HKN ke-53 di Rohil itu, diantaranya kegiatan aktivitas fisik melalui senam sehat bersama dan tari cuci tangan bersama, pemeriksaan kesehatan dan konseling gratis, pelayanan KB gratis, pameran oleh para insan kesehatan dan mitra kesehatan, kegiatan bazar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) makan buah dan sayur, donor darah, bude jamu, konseling HIV dan infeksi menular seksual.

Kemudian, juga dilakukan penyerahan sertifikat Puskesmas dan tenaga kesehatan teladan tingkat Rohil, penyerahan hadiah dan sertifikat posyandu terbaik tingkat Rohil, penyerahan sertifikat sembuh dari penyakit TB MDR (Multi Drugs Resistance), penyerahan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga, penyerahan sertifikat pemenang lomba pemanfaatan taman obat keluarga (TOGA) kepada kader kesehatan, penyerahan tiga unit ambulance kepada Puskesmas Tanjung Medan, Puskesmas Bortrem (Bagan Senembah Raya) dan Puskesmas Teluk Merbau, Kubu.

Selanjutnya pencanangan Germas, himbauan pemberian diskon kepada masyarakat oleh rumah sakit se Rohil, kegiatan Posyandu massal yang dilaksanakan Puskesmas Bagansiapiapi dan masyarakat, lomba senam jantung sehat yang dilaksanakan oleh Puskesmas Panipahan, kegiatan gerak jalan santai yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, serta hiburan dan kegiatan lainnya.

Dalam amanat Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) yang dibacakan Bupati Rohil, H. Suyatno, bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga,” kata Bupati membacakan amanat Menteri Kesehatan RI.

Lanjutnya, tadi ada tiga unit mobil ambulance yang sudah diserahkan. Mobil ambulance ini tentunya diharapan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk pelayanan kita kepada masyarakat dibidang kesehatan,” pesan Suyatno.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dahniar, S.Kep, M.Kes mengharapkan kepada masyarakat agar momentum HKN kali ini diharapkan bagaimana memasyarakatkan hidup sehat.

“Sehat itu penting, karena orang tidak akan bisa berbuat banyak tanpa sehat. Jadi Germas yang diharapkan tersebut tentu semua itu untuk aset bangsa, mulai dari aktivitas, gerak badan, pola makan, pola tidur, pola istirahat, intinya bagaimana kita mencegah sebelum sakit,” kata Dahniar mengakhiri.**(lrs/Chan)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini