Wisata Bakar Tongkang Rohil Telah Mendunia - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Wednesday, October 18, 2017

Wisata Bakar Tongkang Rohil Telah Mendunia

GoRohil.com –(Rokan Hilir)– Iven Ritual Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan HUT dewalaut ”Ki Hu Ong Ya” menjadi tradisi masyara katetnis tionghoa Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir dan berbagai Negara lain mempercayai.

Ritual Bakar Tangkong tersebut adalah Pesona peristiwa budaya yang sudah bertahun-tahun menjadi tradisi bagi warga Masayarakat Tionghoa di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir Negeri Seribu Kubah.“Menurut dari warga Tionghoa setempat tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1883, abad ke-19.Dan sampai sekarang diyakini oleh masyarakat Tionghoa dari berbagai panca Negara.

Sebagaiatraksitahunan, Bakar Tongkang itu sudah menjadi tradisi turun temurun dan dipertahankan oleh wargaTionghou Bagansiapiapi.


Ketua DPR-RI Setya Novanto datang ke Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, untuk melihat langsung dalam acara iven Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi dengan didampingi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman berserta rombongan dan disambut oleh Bupati Rohil H Suyatno Amp beserta Kapolda Riau, Dandrem, Ketua DPD GolkarKab/Kota Se Provinsi Riau, Kepala OPD serta masyarakat yang sudah menantikan kehadiran orang nomor satu di parlemen tersebut. 
 
Setya Novanto disambut dengan upacara tepungtawar oleh tuan rumah Pemkab Rokan Hilir.
Bupati Rokan Hilir H Suyatno selaku tuan rumah dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua DPR RI Setya Novanto, ia menambahkan sekaligus menjadi perhatian pemerintah pusat sekiranya pembangunan infrastruktur jalan nasional di kota Bagansiapiapi dapat diperbaiki karena ini menjadi akses pintu masuk ke Bagansiapiapiapi lagi Rohil terkenal dengan  festival bakar tongkang berskala nasional maupun internasional.



Dalam acara Budaya Bakar Tongkang dimula idari Klenteng tertua In Hok Kiong ,dilanjutkan dengan arak-arakan yang membawa dan memikul tongkang kelokasi pembakaran tempatnya di jalan perniagaan Kecamatan Bangko Kab Rohil.


Selain Ketua DPR RI Setya Novanto dan Gubernur Riau H Arsyad juliandi Rachman, Prosesi Iven Nasioanlini, turut dihadiri oleh Deput iBidang Pemasaran Pariwista Nusantara Drs Esthy Reko Astuti M.Si, Kapolda Riau, Irjen Pol. Zulkarnain beserta ibu dan rombongan , Dandrem Riau, Kejati Riau, Anggota DPRD Riau, WaliKotaProvinsi Riau, Bupati Pelalawan, Kepala Dinas Dispora Provinsi Riau, Kapolres Rohil, Kejari Rohil, Bupati Rokan Hilir Suyatno Amp, Ketua DPRD Rohil berserta anggota serta tamu ribuan masyarakat tionghou berbagai  Negara seperti warga Amerika Serikat, Kanada, Cina, Hong Kong, Malaysia, Singapura dan masayarakat Bagansiapiapi yang memadati di lokasi bakar tongkang.

Dalam Ritual Bakar Tongkang tahun(11/6/2017) ini, tiang tongkang terlihat keduanya jatuh mengarah kelaut, menurut  kepercaya masyarakat etnis tionghoa sebagai arah keberuntungan dalam memperoleh rezeki bahwa peruntungannya lebih banyak di laut. Artinya, sektor mata pencaharian melaut bagi nelayan lebih besar. (Adv/Humas)
 


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini