Tingkatkan Kemendirian Masyarakat Rohil melalui Musrembang RKPD Tahun 2017 - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Thursday, October 5, 2017

Tingkatkan Kemendirian Masyarakat Rohil melalui Musrembang RKPD Tahun 2017




Bupati Rohil H Suyatno Amp secara resmi membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten

GoRohil.com–(Rokan Hilir)– Bupati Rokan Hilir, H Suyatno secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan RKPD Tahun 2017 di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Senin (9/3/2017).

Dalam acara pembukaan Musrenbang tersebut dihadiri oleh, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Wakil Bupati Drs H Jamiluddin, Forkopimda diantaraynya Kapolres Rohil AKBP Henry PosmaLubis, Perwakilan Dandim Mayor Ediyanto, Sekdakab Drs H. Surya Arfan M.Si, Ketua DPRD Rohil H. Nasruddin Hasan, Anggota DPRD Riau Firdaus, Anggota DPRD Kabupaten Rohil, Kepala Dinas/Badan di lingkup Kabupaten Rohil, para Camat dan Lurah/kepenghuluan se-Rohil, sertaseluruh UPTD tingkat kecamatan.

Adapun tema Musrenbang tahun iniMelalui Musrenbang RKPD tahun 2017 Kita Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Melalui Sentra-Sentra Produksi Menjadi Kawasan Sentra Industri di Kabupaten Rokan Hilir.”

Bupati Rohil mengatakan, dalam pelaksanaan Musrenbang kali ini diharapkan masyarakat bersikap proaktif dalam memberikan pemikiran, dukungan dan sekaligus pemahaman serta memperoleh kesepakatan bersama dalam upaya implementasi kebijakan dari seluruh pesertadan para pelaku pembangunan (stakeholders), untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perencanaan partisipatif yang mampu mengadopsi kebutuhan dan mencarikan solusi penyelesaian permasalahan pembangunan secara keseluruhan di wilayah desa/kelurahan dan kecamatan padak hususnya dan Kabupaten Rohil pada umumnya.

Ia menjelaskan, sebagai bahan Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan telah di susun daftar usulan kegiatan prioritas diwilayah kecamatan menurut SKPD penanggungjawab kegiatan yang tersusun dari hasil Musrenbang desa/kelurahan, dan diharapkan para pemangku kepentingan untuk melakukan pembahasan dan menyepakati hasil musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang dituangkan dengan berita acara.
 
Khusus kepada anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir daerah pemilihan (Dapil) kecamatan masing-masingdapil, Bupati mengharapkan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya musyawarah ini untuk dapat menyerap dan menggali komponen yang dapat menjadi potensi dalam kaitannya dengan perencanaan program dan kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung, guna peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di Negeri Seribu Kubah.

“Kami sangat berterimakasih kepada Provinsi, karena tahun lalu dan tahun ini sangat banyak dana yang masuk diantaranya 2016 lalu mencapai Rp123 Milyar dan tahun ini Rp81 milyar,”ujarSuyatno.
Dijelaskan Bupati, kucuran dana tersebut tidak terlepas dari perjuangan DPRD Rohil dan DPRD Riau Dapil Rohil serta pejabat Provinsi Riau yang merupakan orang Rohil. 

Diharapkannya,dengan kondisi keuangan Rohil yang saatinise dan gdefisit, para DPRD maupun pejabat lain dapat menarik dana yang ada di Provinsi maupun Pusat untuk di masukkan ke Rohil.

"Tahun lalu kita (Rohil) mendapat bantuan keuangandari Pemprov Riau mencapai 129 Miliar.Namun yang terealisasihanya 68 miliar.Perhatian Pemprov Riau ke Rohil cukup luar biasa, tentunya ini di dorong oleh anggota DPRD Riau dari Rohil yang duduk di Provinsi, " jelas Suyatno.

Suyatno memaparkan, adapun dari 81 Miliar itu sasaran pembangunannya itu di tujukan di bidang kesehatan untuk membangun puskesmas, Infrastruktur jalan dengan sistim Base baik di sirangarang maupun panipahan, dan pembangunan sekolah sebanyak enam RKB di SMPN2 Bangko.

Misalnya saja, peningatan jalan Bagansiapiapi Sinaboi masih perlu perbaikan dari Simpang 200 ke Sinaboi perlu perbaikan. Pembangunan jalanTeluk Piai Kubu sebesar 38 miliar yang diperkirakan 2018 sudah bias roda 4 kesana.‎

‎Yang paling penting lanjutnya, pembangunan jalan antara bundaran Panipahan yang sekarang dibangun kantor camat menuju perbatasan sepanjang 3 kilo akan masuk 13 miliar. Itu rencananya di Base dulu, karena sebagian kondisi jalan itu gambut. 

"Bilamana jalan ini sudah selesai akses orang Panipahan menuju keluar tidak susah lagi, sehingga kebutuhan masyarakat dari Sumut sudah bias masuk," pungkasnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rokan Hilir, terangnya mengalami defisit yang sangat menurun drastis, bahkan lebih parah dari tahun sebelumnya sehingga memang harus sangat berhemat. Namun di sisi lain aspek pembangunan yang harus mendapatkan  penanganan pemerintah cakupannya amat lah luas dan tidak terbatas. Sehingga dalam setiap pelaksanaan Musrenbang, program dan kegiatan yang hendak diusulkan seyogya nya harus berorientasi pada skalaprioritas sesuai kebutuhan masyarakat.

“Atas dasar itulah untuk mewujudkan keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan dan penganggaran serta implementasinya dilapangan, senantia saharus mengacu kepada tema dan prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan pada rancangan RKPD Tahun 2017,” jelasnya.

Bupati juga meminta agar semua pihak kompak untuk mendudukan skala perioritas dan mengutamakan kepentingan masyarakat secara umum.

“Rohil deficit dan ini terjadi hamper diseluruh wilayah Indonesia. Jadi saya minta program untuk masyarakat luas harus diprioritaskan,” katanyaberpesan.

Bupati pun berharap Musrenbang 2017 untuk tahun anggaran 2018 ini diharapkan bias tuntas dan nantinya pada penyusunan APBD 2018 bisa disesuaikan.

“Usulkan semua yang penting-penting, tuntaskan dan harus sepakat sehingga tidak berubah kesepakatan yang telah diambil pada Musrenbang Kabupatenini,” demikian Suyatno.



PT  Bank Raiu Kepri secra simboliss erahkan bantuan kepada Bupati Rohil senilai Rp743  juta


Diselah acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tahun 2017, PT Bank Riau Kepri menyalurkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) senilai Rp743 juta lebi hdalam bentuk barang.

Adapun bantuan yang diserahkan PT Bank Riau kepri yakni, 11 unit pompa air senilai 407 juta untuk membantu pemadam kebakaran, tiga unit sepeda motor KLX senilai Rp90 juta untuk memantau terjadinya kebakaran, serta pembangunan lokal PAUD di senilai Rp239 juta.

Penyerahan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Cabang BRK Bagansiapiapi Bahrun Hamid kepada BupatiRohil H SuyatnoAMp  dan di dampingi Wakil Bupati  H Jamiluddin danKetua DPRD H Nasruddin Hasan.

Pada kesempatan itu, Suyatno mengucapkan apresiasi kepada PT BRK yang telah bersedia memberikan bantuannya berupa alat pemadam kebakaran dan bantuaan lokal PAUD.

Menurutnya, bantuan itusangat berfungsi dalam rangka membantu Pemkab Rohil dalam menanggulangi bencana kebakaran yang terus masih terjadi di Kabupaten ini. Diharapkannya, dengan adanya bantuan ini, dapat lebih meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

“Semua bantuan itu untuk membantu kita mengantisipasi karlahut yang terjadi di Kabuapten Rokan Hilir (Rohil).Untukalat pemadam kebakaran saya piker Rohil sudah banyak, tapi asap masihada juga, kebakaran masih ada juga. Ini ditambah lagi alat pemadam kebakaran dan kendraan patroli. Mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran lagi dan Bank Riau bisa makin sukses di Rohil,”ucapnya.(Adv/Humas)



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini