Pembangunan SPAM Durolis Tanah Putih Tj Melawan Telah Dimulai Dengan ditandai Pemotongan Kambing Hitam - GoRohil- Portal Berita Rokan Hilir

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

PASANG IKLAN ANDA DISINI

Monday, August 21, 2017

Pembangunan SPAM Durolis Tanah Putih Tj Melawan Telah Dimulai Dengan ditandai Pemotongan Kambing Hitam



GoRohil.com –Bagansiapiapi– Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp bersama Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman pada Senin (21/8/2017) pagi menghadiri pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan SPAM Durolis di Kecamatan Tanah Putih Tj Melawan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Sebelum dilakukan pemancangan tiang pancang tersebut, terlebih dahulu dilakukan ritual pemotongan seekor kambing jantan berwarna hitam yang kemudian darahnya dioleskan pada tiang pancang yang diiringi doa khatib togak yang dipercayai sebagai ‎penolak bala dan merupakan tradisi turun temurun daerah pesisir Rokan Hilir. 

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada Tahun 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih TJ Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako) Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. 

Berbahan baku dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya untuk digunakan air minum, Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp 800 Milyar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota masing masing. 

Bupati H Suyatno dalam pidatonya mengusulkan agar nama SPAM (Durolis) diubah menjadi RODULIS yang bermakna Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis. Hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Rokan Hilir dan DPRD Kabupaten serta para tokoh masyarakat. 

Hal itu dijawab oleh Direktur Sistem Pengembangan Air Minum Kementerian PUPR Ir Muhammad Sundoro MSc‎, bahwa pembangunan sudah ada dalam program kerja Presiden Jokowi dan telah menjadi Perpres sehingga sulit untuk dirubahkan.

Pada kesempatan itu juga diteken Memorandum of Understanding (Mou) SPAM Regional oleh Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman kepada Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, dan Bupati Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin S.E dan disaksikan oleh Wagubri H Wan Thamrin Hasyim, Danrem Wirabima, Danlanal Dumai, serta para anggota DPRD Provinsi Riau dapil Rohil. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Gubenur Riau,Forkopimda Rohil, Danrem 031/WB, Dirjen Bina Kewilayahan Kemendagri Sdr. Eko Subowo, Danlanal Dumai, Mantan Gubernur Riau Sdr. H. Saleh Yasid, Walikota Dumai Wakil Ketua dan anggota DPRD Prov Riau, Sekda Rohil, Ketua DPRD serta anggota DPRD Rohil, para kepala OPD lingkungan Pemkab Rohil dan Camat se Rokan Hilir.** (Chandra)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda Disini